6 Cara Menghilangkan Jerawat Meradang Dan Bekasnya

cara menghilangkan jerawat meradang dan bekasnya
Daftar isi

Jerawat menjadi salah satu masalah wajah yang sering muncul dan terjadi pada siapapun baik pria maupun wanita. Apalagi kalau sudah jerawat meradang, tentunya ganggu penampilan dan buat kulit terasa tidak nyaman. lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat meradang ini? kira-kira apa ya faktor penyebab jerawat meradang? Yuk, kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

Penyebab jerawat meradang

Gangguan kulit jerawat meradang muncul ketika area di bawah permukaan kulit terjadi sumbatan yang bercampur dengan minyak dan sel kulit mati. Akhirnya memicu bakteri penyebab jerawat berkembang dan merusak jaringan kulit dan munculah bintil merah, besar, berisi cairan dan nyeri ketika tersentuh.

Jerawat meradang ini tak hanya di wajah saja, tapi bisa di area manapun yang memiliki kelenjar minyak dan folikel rambut. Seperti di kepala, dalam hidung, teling, leher, punggung maupun alat kelamin.

Walau penyebab jerawat meradang belum dapat terpastikan, namun inilah beragam faktor pendukung penyebab jerawat meradang, yakni:

  • faktor genetic
  • kurang menjagakebersihan
  • produk makeup atau skincare yang kurang cocok
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu perkembangan jerawat (susu, pemanis, telur atau gorengan)
  • Sering memakai hair spray
  • Sering mengorek atau memencet jerawat
  • Stres

Apakah Jerawat Meradang Bisa Sembuh?

Mengatasi permasalahan wajah terutama jerawat memang tidaklah mudah, menyita waktu dan membutuhkan kesabaran serta komitmen.

Pada beberapa orang, jerawat timbul dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Namun, untuk jerawat meradang termasuk jenis jerawat yang membutuhkan perawatan dan bisa sembuh.

Hanya saja, memerlukan waktu, terlebih jika peradangan terbilang parah. Jerawat meradang dapat teratasi dengan menggunakan bahan-bahan alami, pengobatan medis ataupun metode kecantikan di klinik kecantikan.

Suntik Jerawat Cara Efektif Usir Jerawat Meradang

Cara menghilangkan jerawat meradang

Jika sahabat pandawa berpikir bahwa cara menghilangkan jerawat meradang dengan memencet tindakan yang tepat ternyata salah.

Cara menghilangkan jerawat meradang dengan memencet bukanlah cara yang tepat mengatasinya. Kondisi jari tangan yang kotor, alat yang tidak steril, malah membuat penyebaran bakteri dan berujung jerawat tambah banyak dan parah.

Memencet jerawat juga memungkinkan meninggalkan bekas luka ataupun bekas jerawat alias bopeng. Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat meradang dan bekasnya yang tepat, cek di bawah ini, ya.

  1. Penggunaan obat yang mengandung retinoid

Cara menghilangkan jerawat meradang dan bekasnya dapat teratasi dengan penggunaan produk berbahan retinoid.

Retinoid merupakan turunan vitamin A yang ampuh mengangkat sel kulit mati, pastikan untuk menggunakan tabir surya saat menggunakannya. Produk ini juga bisa sahabat pandawa dapatkan dari dokter kulit kecantikan yang khusus bagi penderita jerawat.

  1. Skin care dengan bahan aktif

Selain cara menghilangkan jerawat meradang dan bekasnya dengan retinoid, sahabat pandawa juga bisa mencobanya dengan memakai skincare berbahan benzoil peroksida atau kandungan asam salisilat.

Bakuchiol memiliki sifat anti peradangan, anti bakteri, dan antioksidan, sehingga terpercaya sebagai cara menghilangkan jerawat meradang dan bekasnya.

Sementara, asam salisilat ini dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dari timbunan sel kulit mati, minyak, dan bakteri.

Keduanya cocok dan teruji untuk jenis kulit jerawat meradang. Pastikan sebelum membeli skincare tersebut sudah berkonsultasi dahulu dengan dokter ahli dan sesuai dengan kondisi kulit.

  1. Obat antibiotik

Jerawat yang sebagian besar muncul akibat bakteri ini untuk menghilangkannya dapat sahabat pandawa gunakan obat antibiotik khusus acne skin.

Obat antibiotik khusus acne skin sebagai cara mengatasi jerawat biasanya dalam bentuk oles/ krim atau tablet minum, dan pastikan gunakan sesuai resep dan anjuran dokter, ya.

9 Cara Ampuh dan Efektif Hilangkan Bekas Jerawat

  1. Gunakan lidah buaya

Tanaman ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk sahabat pandawa. Lidah buaya terkenal dengan manfaatnya dalam kesehatan rambut maupun kulit. Untuk rambut, lidah buaya berguna untuk menyuburkan, sedangkan untuk kulit kandungan dari tanaman ini bisa menyamarkan bekas jerawat, meredakan kulit meradang akibat jerawat, serta mencerahkan.

Sahabat pandawa bisa mendapatkan produk perawatan dengan bahan lidah buaya dimana pun.

  1. Tea tree oil

Cara menghilangkan jerawat meradang dan bekasnya bisa sahabat pandawa coba dengan skincare yang mengandung tea tree oil.

Kandungan di dalamnya dapat membantu dalam meredakan peradangan bahkan menghilangkan jerawat dalam semalam. Daripada itu, kandungan tea tree oil juga mampu kurangi produksi minyak berlebih dan membasmi bakteri di wajah.

  1. Silkpeel dermalinfusion

Silkpeel dermalinfusion merupakan metode kecantikan yang bisa sahabat pandawa coba jika tidak ada waktu perawatan wajah di rumah.

Sahabat pandawa bisa kunjungi klinik kecantikan terdekat untuk mendapatkan perawatan kulit kecantikan silkpeel dermalinfusion.

Metode ini bekerja seperti vakum yang menyedot, mengangkat semua kotoran di wajah, bakteri penyebab jerawat, mengangkat komedo, sel kulit mati sekaligus menutrisi kulit dengan pemberian serum khusus acne.

Sahabat pandawa dengan jenis kulit jerawat meradang dapat berkonsultasi dengan dokter ahli bersama Klinik Estetika Pandawa.

Sebelum dokter mengambil tindakan atau pengobatan, dokter umumnya melakukan analisa ataupun diagnosa. Apabila jerawat yang terjadi akibat hormon dokter akan memberikan langkah yang tepat dan khusus.

Tunggu apalagi? Segera booking atau konsultasi online bersama Kami Klinik Infus Whitening Jakarta di Klinik Estetika Pandawa. Hubungi melalui 0821-1141-0672 (WA/TLP/SMS) atau dapat mengklik link KONSULTASI GRATIS.

Share artikel ini

Artikel Terkait

Pencarian

Artikel Terbaru

Tag Artikel

0821-1141-0672

KONSULTASI DOKTER ONLINE
GRATIS